Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Yang Menarik Pelanggan Tertarget

 

Kunci utama untuk meningkatkan rate penjualan sebuah produk atau jasa dalam dunia bisnis atau wirausaha adalah promosi. Jika ditanya ada berapa banyak jenis promosi yang dapat dilakukan, jawabannya banyak sekali. 

Hanya saja tidak semua terbilang ampuh untuk menaikan rate penjualan. Hal ini disebabkan oleh karena sejumlah produk yang memiliki karakter khusus yang mana produk-produk ini hanya ampuh dipromosikan dengan strategi-strategi trtentu. Nah, berikut ini kami ulas sedikit tentang beberapa cara promosi yang ampuh untuk mendatangkan banyak konsumen.

Cara promosi yang menarik pelanggan tertarget

Diskon

Diskon bisa dibilang cara promosi klasik yang sudah ada sejak dulu. Akan tetapi cara promosi melalui diskon masih sangat ampuh untuk diimplementasikan hingga sekarang. Sebagian besar konsumen masih saja selalu tertarik dengan iming-iming diskon yang diberlakukan untuk berbagai jenis produk. Apalagi jika prosentase diskonnya besar maka sudah pasti produk yang berdiskon besar akan ludes diborong para konsumen.

Bonus

Bonus berbeda dengan diskon, akan tetapi sama-sama menggiurkan bagi sebagian besar konsumen. Hanya saja biasanya konsumen yang berminat dengan bonus adalah konsumen musiman, yaitu konsumen yang hanya datang ketika produk berlabel ‘plus bonus’ saja.

Kupon atau Voucher

Kupon atau voucher merupakan tren terbaru untuk memberikan hadiah pada konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa. Pemberian kupon atau voucher ini dimaksudkan agar konsumen kembali datang dan menggunakan produk atau jasa dengan iming-iming hadiah gratis hanya dengan menunjukan kupon atau voucher tersebut. Cara promosi ini cukup efektif untuk meyakinkan konsumen untuk kembali memakai produk/ jasa.

Free Trial

Beberapa perusahaan atau produsen juga boleh menggunakan cara free trial untuk memperbolehkan calon konsumen mencoba produk atau jasa. Cara promosi yang satu ini biasanya digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa baru. Dengan cara free trial ini, konsumen dapat mengetahui kualitas produk tanpa harus membelinya.

Membership

Membership adalah cara promosi yang tepat untuk menjadikan konsumen Anda begitu loyal dengan produk atau jasa Anda. Mengapa? Karena para konsumen Anda sudah diklaim sebagai member atau anggota sehingga akan menganggap bahwa mereka telah menjadi bagian dari bisnis Anda. Menjadi seorang anggota tentu saja banyak manfaatnya. Harga khusus, trial produk terbaru, dll adalah beberapa contoh keuntungan yang hanya bisa didapat jika menjadi member suatu bisnis.

Tambahan Servis pada Produk/ Jasa

Cara promosi yang satu ini hanya berlaku untuk jenis produk bongkar-pasang atau produk yang perlu jasa pengiriman. Cara ini terbukti sangat efektif untuk memikat para konsumen, apalagi jika ada tambahan servis yang diberikan tanpa dipungut biaya. Dengan adanya tambahan servis seperti ini, konsumen tidak perlu repot merakit produk yang telah dia beli.

Berikan Info Cara Pakai atau Tips

Pernah melihat video-video tutorial jilbab stylish? Di dalam video akan diberikan cara memakai jilbab dengan model-model tertentu. Video seperti ini secara tidak langsung adalah bentuk promosi menjual tips atau tutorial melalui video. Dengan sendirinya, konsumen juga akan tertarik untuk membeli jilbab yang sama dengan jilbab yang ada di dalam video.

Gunakan Jingle

Anda pecinta es krim tentu sangat familiar dengan jingle es krim merk Walls, bukan? Setiap kali jingle es krim ini berbunyi, anak-anak pasti akan langsung mengenali produk es krim apa yang akan melewati rumah mereka. Inilah keajaiban sebuah jingle. Jingle yang singkat namun mudah diingat adalah kriteria utama jingle yang ampuh untuk memikat hati para calon konsumen.


Beberapa Persiapan dan Tujuan Presentasi Bisnis

Presentasi bisnis yang dilakukan oleh seorang pengusaha wajib disiapkan dengan sebaik-baiknya agar nantinya presentasi yang disampaikan dapat memberikan efek positif bagi para pendengarnya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh seorang ketika hendak mempresentasikan program bisnis yang dimiliki. Berikut adalah beberapa persiapan dan tujuan presentasi bisnis:

Persiapan alat bantu yang memadai

Saat hendak melakukan presentasi, Anda wajib menyiapkan berbagai alat bantu memadai dan menyesuaikan dengan tempat. Sebagai contoh, Anda akan melakukan presentasi produk di hadapan klien yang terdiri dari beberapa divisi dalam sebuah perusahaan, maka alat bantu yang bisa Anda siapkan bisa berupa laptop. LCD proyektor, tablet, dan lainnya.

Analisis audiens

Saat akan melakukan presentasi, akan lebih baik jika Anda sudah paham betul siapa saja yang akan menjadi pendengar presentasi Anda. Dengan demikian, Anda bisa menentukan bagaimana pola presentasi yang akan Anda sampaikan. 

Analisis audiens juga akan membuat Anda bisa memperkirakan seberapa banyak orang yang mampu memahami presentasi yang disampaikan. Sebagai contoh, ketika Anda menggelar presentasi bisnis di bidang UKM yang dihadiri oleh ibu-ibu rumah tangga maupun pengusaha UKM lainnya, maka Anda wajib memberikan materi yang sekiranya berhubungan dengan strategi pengembangan bisnis dan beberapa hal lain yang cocok untuk penerimaan ibu rumah tangga maupun pengusaha UKM kelas menengah.

Analisis lokasi

Pada saat Anda akan melakukan presentasi, ketahui terlebih dahulu seperti apa lokasi presentasi yang akan digunakan. Pengetahuan lokasi presentasi akan membuat Anda tahu seberapa besar tingkat kenyamanan dan keamanan audiens yang membuat presentasi yang Anda lakukan nantinya lebih diminati.

Analisis waktu

Satu hal lagi yang perlu Anda analisis adalah masalah waktu, dimana waktu tersebut sedikit banyak akan berpengaruh dengan kondisi psikologis audiens yang mendengarkan presentasi Anda. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan presentasi di pagi hari, hasil penerimaan audiens mungkin akan berbeda dibanding saat presentasi yang digelar di malam hari, mengingat tingkat konsentrasi saat pagi hari lebih besar dibanding malam hari.

Penguasaan materi

Persiapan berikutnya adalah Anda wajib menguasai materi presentasi 100% dan pastinya penguasaan materi akan mempengaruhi keberhasilan sebuah presentasi. Penguasaan materi juga akan membuat tujuan presentasi tersampaikan dengan sempurna kepada audiens.

Pembawaan yang baik

Hal lain yang perlu dipersiapkan saat akan presentasi adalah pembawaan dimana nantinya pembawaan tersebut juga disesuaikan dengan usia audiens yang hadir di presentasi.

Setelah mempersiapkan hal-hal diatas, Anda wajib memfokuskan tujuan yang ingin dicapai dari presentasi yang dilakukan. Ada beberapa tujuan yang umumnya ingin dicapai dari suatu presentasi yaitu:

Menyentuh dan menghibur audiens

Tujuan pertama yang ingin diraih dari suatu presentasi umumnya adalah untuk menyentuh dan menghibur audiens dimana nantinya audiens yang bersangkutan mampu memotivasi dirinya sendiri untuk menetapkan tujuan yang ingin diraih.

Memotivasi audiens

Pada sebuah presentasi seperti presentasi psikologis, tujuan utama yang ingin dicapai tentunya adalah memotivasi audiens agar nantinya audiens yang bersangkutan bisa meraih keinginan sekaligus menghadapi permasalahan yang sering terjadi dalam hidup.

Memberi informasi

Pada sebuah presentasi bisnis, Anda wajib memberi informasi yang jelas pada audiens dengan harapan audiens mampu menngikuti dan menerapkan informasi yang Anda berikan.

Demianlah uarian singkat mengenai persiapan dan tujuan presentasi bisnis. Semoga dengan memperhatikan hal-hal diatas, Anda bisa menggelar presentasi bisnis yang sukses dan tepat sasaran

Itulah beberapa cara promosi yang ampuh untuk menarik konsumen. Jika Anda tengah memulai suatu bidang usaha dan ingin meningkatkan rate penjualan, silakan mencoba cara-cara promosi tersebut di atas

Posting Komentar untuk "Cara Promosi Yang Menarik Pelanggan Tertarget"