Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Produk Investasi investasi bagi pemula dengan modal minim.

Hello Guys, hari ini Mimin mau bahas tentang Investasi nih, yang psati bisa bikin uang kamu berlipat .Tapi sebelum membahas lebih jauh tentang investasi, kamu tahu kan apa itu investasi? Investasi itu adalah penanaman aset atau dana yang dikeluarkan oleh perusahaan atau perorangan untuk mendapatkan keuntungan dari modal yang dikeluarkan. Cara berinvestasi sebenarnya gampang, terlebih lagi sekarang udah mulai banyak banget platform yang menyediakan layanan investasi daring dan menjual banyak produk.

Tapi Buat pemula, investasi mungkin masih jadi hal yang tabu dan beresiko, terutama saat memilih mana produk untuk investasinya. gak jarang banget, pemula baik dari kalangan pelajar maupun pekerja masih bertanya-tanya nih, apa sih sebetulnya produk investasi yang menguntungkan? Tenang guys, berikut Mimin berikan ulasan mengenai beberapa produk investasi yang bisa kamu coba untuk pemula dengan modal kecil.

1.Reksadana



Reksa dana ini merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati investor pemula dan populer baru baru ini. Soalnya, dalam investasi ini ada manajer investasi yang terus mengelola aset para investor, sehingga kamu gak perlu khawatir lagi uang kamu harus ditaruh di mana di saham mana, di perusahaan mana dll. Jenis investasi reksadana pun ada beragam jenisnya. Salah satu yang paling cocok untuk pemula kayak kamu adalah Reksa Dana Pasar Uang atau RDPU. Alasannya, karena investasi ini memiliki risiko rendah banget dan cenderung naik untungnya. Tapi kenaikannya emang gak sebesar jenis reksa dana yang lainnya. Tapi yang penting cuan kan wkwk
Cara berinvestasinya pun cukup gampang loh. Kamu dapat melakukan transaksi secara daring melalui platform yang ada di internet, seperti investasi Bibit atau Bareksa.. Modalnya juga kecil kok, mulai dari 100 ribu aja udah bisa nabung reksadana.

2. Investasi Emas




Pilihan selanjutnya tentang investasi untuk pemula adalah Emas. Keuntungan investasi emas memang nggak sebesar investasi saham atau properti. Tapi setidaknya investasi emasi ini nggak akan pernah rugi loh, karena harganya terus cenderung naik. Dengan catatan, kamu berinvestasi untuk jangka panjang bukan jangka pende. Kalau belum setahun sudah dijual lagi, ya sama saja bohong bro.
Investasi emas juga dapat dimulai dengan modal kecil loh, 5-10 ribu saja bisa buat sekarang. Saat ini, sudah ada banyak banget platform yang menyediakan investasi emas digital dengan sistem cicilan atau tabungan. Jadi, kamu bisa berinvestasi kapan pun dan di manapun dengan nominal berapa pun. Mengingat modalnya yang sedikit, sepertinya investasi ini cocok banget buat dijadikan investasi untuk pelajar yang belum punya penghasilan.

3.SBN Ritel



Buat yang belum tahu nih, SBN atau Surat Berharga Negara Ritel adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin langsung oleh pemerintah. Bentuknya bisa obligasi, surat hutang, atau sukuk untuk yang syariah. Nah, karena di ada bawah pengawasan pemerintah langsung, maka investasi ini aman dijadikan pilihan investasi untuk mahasiswa ataupun pemula. Dan yang pasti kemungkinan Investasi Ini hampir tanpa resiko loh, karena dijamin oleh negara.

Untuk cuannya sendiri, biasanya nominalnya disesuaikan dengan jumlah bunga yang ditawarkan sekirat 5-6 persen, lumayan kan untuk investasi minim resiko. Tapi berbeda dengan investasi online reksa dana atau investasi saham, investasi ini hanya bisa dibeli dalam waktu-waktu tertentu saja. Tergantung kapan pemerintah ngeluarin penawarannya. Untuk minimal pembelianya sendiri, biasanya mulai dari 1 juta saja. 

4.P2P Lending



Pilihan terakhir buat kamu adalah P2P Lending. Karena investasi saham untuk pemula terlalu berisiko tinggi, kamu bisa pilih P2P Lending saja deh. Dalam produk investasi ini, kamu akan bertindak sebagai pihak yang bakal meminjamkan modal usaha kepada pihak lain melalui platform khusus. Biasanya, dana pinjaman modal tersebut digunakan para pelaku UMKM. Nah, pinjaman modal itulah yang nantinya bisa menghasilkan keuntungan buat kamu. keuntungan dari P2P lending juga lumayan loh, bisa  15-20 persen pertahunnya. tapi inget ya, high risk high return.

Dan karena proses peminjaman ini nggak menggunakan jaminan, wajar Kalau P2P Lending dianggap berisiko. Meski gitu, investasi ini tetap bisa dicoba oleh pemula, karena modalnya awalnya lumayan kecil, hanya 100 ribu saja sudah bisa mulai. Jauh lebih murah dari investasi properti, kan? Tapi lebih baiknya, sebelum berinvestasi pada P2P Lending, kamu mesti sudah paham akan risikonya, jadi nanti nggak akan kaget kalau tiba-tiba labanya turun atau ada kasus gagal bayar.

Sekian ulasan tentang investasi yang bisa mimin sampaikan, Stay tune ya guys buat info selanjutnnya.

Posting Komentar untuk "4 Produk Investasi investasi bagi pemula dengan modal minim."